Mohon Maaf...!!! Blog Ini Masih Dalam Tahap Perbaikan. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Selasa, 26 Juni 2012

MENANGANI ERROR P01 ATAU B200 PADA MP 258 & iP2770

Assalamulaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sekalian mengenai cara mengatasi masalah error b200 atau P01 pada MP 258 walau kemungkinan besar cara penanganan masalah error ini belum tentu sama yang akan dialami oleh rekan-rekan sekalian dalam hal penanganannya. sebab, penangangan error ini menyangkut beberapa komponen mulai dari sumber tegangan hingga konsumsi kerja dari beberapa komponen vital pada printer tersebut. nah sekedar untuk gambaran saja, bahwa pesan error ini muncul disebabkan printer mengalami panas yang tidak normal pada catridgenya. Panas yang tidak normal bisa berasal dari catridge itu sendiri, atau dari tegangan yang tidak normal. Tegangan yang tidak normal berasal dari Logic board atau power suply. hanya satu yang saya yakini, bahwa tidak ada salahnya bila kita sudah berusaha sekuat tenaga dan tidak salah kita berharap akan terjadi perubahan dari apa yang kita kerjakan ketimbang kita mengharapkan perubahan tanpa adanya usaha. mohon maaf sebesar-besarnya saya sampaikan kepada rekan-rekan bila terlalu berbelit-belit dan masalah error tersebut bisa dicoba dengan langkah-langkah dibawah ini :


PERTAMA:
Adaptor atau power supplynya printer ini merupakan tempat keluaran besaran tegangan kerjanya, alangkah baiknya bila rekan-rekan melakukan pengujian besaran teganan keluaranya dengan menggunakan AVO meter dan biasanya tegangan keluaran untuk normalnya adalah 24V. Bila rekan-rekan curiga dengan adaptornya, silahkan ganti dengan memasang adaptor yang lain selanjutnya hidupkan printernya dan amati kondisi terkini printernya. jika permasalahannya belum teratasi, lakukan langkah kedua berikut ini.


KEDUA:
Lakukan pengetesan pada kedua catridge dengan cara memasang catridge yang normal baik hitam maupun warna. pasang satu per satu, sebab bisa jadi permasalahannya terletak pada salah satu catridge atau keduanya karena panas yang berlebihan dan melebihi ambang batas selama pemakaian. jika pada langkah kedua ini juga belum selesai masalahnya, silahkan lakukan langkah yang ketiga.


KETIGA: 
Cobalah mengganti carriage unit sekaligus dengan kabel fleksinya, untuk langkah ini memang memakan waktu panjang sebab rekan-rekan diharuskan membongkar printer. tapi yakinlah, bila rekan-rekan ingin bisa melakukan perbaikan pada printernya, silahkan jangan ragu dibongkar printernya. saya yakin nanti rekan-rekan akan belajar serius dengan sendirinya disaat melakukan pembongkaran sebab pengetahuan dan pengalaman itu tergantung dari sepak terjang bidang yang bersangkutan. insya allah bila rekan-rekan butuh bimbingan dalam membongkar printer, saya siap membantu sekuat tenaga. nah! bila pada langkah ketiga ini belum clear permasalahannya, rekan-rekan bisa mencoba langkah yang berikut ini.


KEEMPAT:
Mengganti Logic Board dengan printer lain, kemungkinan besar masalahnya bisa teratasi. Bila rekan-rekan ingin melakukan reparasi Logic Board, sebaiknya rekan-rekan memiliki pegangan berupa schematic tentang konsep kerja komponen tersebut dan satu lagi sharinglah sesering mungkin dan jangan pernah malu bertanya untuk bisa dengan ahli elektro untuk menambah pengetahuan rekan-rekan.


langkah-langkah diatas berdasarkan pengalaman saya dan dalam setiap melakukan perbaikan, biasanya salah satu dari langkah di atas mampu mengatasi masalah error b200 atau P01. sekian dan semoga ada manfaatnya.

wassalamualaikum Wr. Wb. 

5 komentar:

  1. berguna bgtz infonya,...mksih ya sob...!

    BalasHapus
  2. Akan sy coba
    logic bener infonya mengingat sy lupa cabut chord ke source AC berhari-hari

    Thanks

    BalasHapus
  3. pengalaman saya, plastik detektor yang ada dibelakang tempat cartridge dan di ujung kiri penggulung kertasnya belepotan tinta, setelah diganti dengan yang masih bersih printernya bisa normal lagi

    BalasHapus

Mohon meninggalkan komentar yang bijaksana dan bermanfaat